Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Kapolresta : Setiap Individu Harus Miliki Kesadaran Diri

Polresta Jayapura Kota – Guna mengingatkan dirinya tentang perannya sebagai anggota Polri, Polresta Jayapura Kota gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional bertempat di lapangan apel Mapolresta, Kamis (20/6) pagi.

Upacara Hari Kesadaran Nasional yang digelar tersebut dipimpin langsung Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si dan diikuti seluruh Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran, Para Perwira dan Bintara serta ASN Polresta Jayapura Kota.

Dalam rangkaian giat upacara diisi juga dengan pengucapan Tribrata, Catur Prasetya dan Panca Prasetya Korpri oleh petugas yang ditunjuk, dimana pengucapan tersebut dikandung maksud sebagai pengingat diri masing-masing personel Polresta Jayapura Kota.

Dalam sambutannya Kapolresta KBP Victor Mackbon mengatakan, upacara yang digelar setiap bulan tersebut penting agar masing-masing personel tahu dan kembali meyakini setiap bulannya siapa dirinya, Polri merupakan pelayan masyarakat yang merupakan bagian dari negara ini.

“Pengucapan Tribrata, Catur Prasetya dan Panca Prasetya Korpri merupakan pengingat bagi diri kita, terutama pengibaran Sang Saka Merah Putih yang merupakan lambang Negara ini. Sadari diri bahwa kita ini milik negara dan pelayan masyarakat tanpa pandang bulu,” ungkap Kapolresta.

Lebih lanjut kata KBP Victor Mackbon, upacara yang dilaksanakan bukan sekedarnya, ini merupakan bukti bahwa kita siap atau tidak berprofesi sebagai anggota Polri, semua ada aturannya, S.O.P yang sudah ada jika tak dilaksanakan sesuai aturannya maka akan berdampak pada pelaksanaan tugas.

“Harus ada evaluasi dan koreksi setiap bulannya kepada masing-masing kita, kita dibiayai oleh negara maka abdikan dirimu untuk negara. Bagi personel yang masih belum tertib dan disiplin hingga kini, sadarilah engkau merupakan bagian dari negara ini dan dibiayai oleh negara, ini pembelajaran berharga bagi kita,” ujar Kapolresta.

Kapolresta juga menambahkan, sebentar lagi pihaknya akan laksanakan Pemili Kepala Daerah Pemilihan Gubernur Papua dan Walikota Jayapura periode 2024-2029. “Kita harus tahu berapa jumlah peserta bakal calon yang menjadi peserta,” tambahnya.

“Bijaklah bermedia sosial, ingat selalu bahwa anda adalah polisi, polri harus netral dan disiplin tanpa memihak kepada siapapun, profesional jalankan tugas dan fungsi, tidak boleh bergabung di dalam politik, bagian kita adalah ciptakan Kamtibmas yang kondusif hingga terpilihnya kepala daerah oleh suara masyarakat,” tururnya.

“Dengan adanya rangkaian-rangkaian giat jelang Hari Bhayangkara Ke-78 tahun ini, semua personel harus siap bila ditunjuk dalam surat perintah tugas, jaga kesehatan, jaga pola makan dan lakukan olahraga yang teratur,” pungkas Kapolresta.(*)

Penulis : Subhan

from Blogger https://ift.tt/NR7oBUf
via IFTTT

Tinggalkan komentar